Surya Institute

A free template from Joomlashack

Informasi

Surya Institute on Facebook

MEDALS

Gold: 81

Silver: 60

Bronze: 88

Latest News

Home
Raffles Invitational Mathematics Olympiad (RIMO) 2012
Written by christina   
Monday, 20 February 2012

Tiga siswa Indonesia meraih 1 medali Emas, 1 medali Perak, dan 1 medali Perunggu pada ajang Raffles Invitational Mathematics Olympiad (RIMO) ke-1 , yang diadakan pada 6 -11 Februari 2012 di Singapura.

Image

Berurutan dari kiri: Christopher Wiriawan, Kevin Christian, Christa Lorenzia Soesanto, dan Surya Wijaya, M.Sc

Sebanyak lebih dari 100 peserta dari 25 tim yang berasal dari 8 negara berpartisipasi dalam ajang ini: Australia, China, Hongkong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Thailand.

RIMO adalah sebuah kompetisi Matematika internasional baru yang diinisiasi oleh Raffles Institution, sebuah sekolah yang sangat terpandang di Singapura. Peserta adalah siswa sekolah kelas menengah (SMP dan SMA). Lomba berlangsung selama 2 hari, yang mana hari pertama adalah soal uraian (5 soal dalam waktu 4,5 jam) dan hari kedua adalah soal isian singkat (25 soal dalam waktu 3 jam).Soal-soal yang disajikan adalah soal-soal tingkat SMA yang tingkat kesulitannya sangat tinggi.

Keberangkatan tim dari tanah air membawa 3 siswa (2 putra dan 2 putri) yang dipimpin oleh Surya Wijaya,M.Sc.

Berikut adalah hasil yang diraih tim Indonesia:

No

Nama

Sekolah

Prestasi

1

Kevin Christian

SMP IPEKA Tomang

Medali Emas

2

Christa Lorenzia Soesanto

SMA St Laurensia, Banten

Medali Perak

3

Christopher Wiriawan

SMA Tunas Muda, Jakarta

Medali Perunggu

Persaingan memperebutkan medali berlangsung sangat ketat. China menurunkan 4 tim dan Singapura menurunkan 8 tim. Hanya sekitar 50% dari jumlah peserta yang berhasil meraih medali. Banyak dari peserta adalah anggota tim negara mereka dalam ajang International Mathematics Olympiad, sebuah ajang olimpiade Matematika sekolah menengah tingkat dunia yang paling bergengsi.

Medali emas didominasi siswa dari China dan Singapura. Kevin, peraih medali emas adalah siswa SMP yang baru berusia 13 tahun.

Pembinaan para siswa peserta lomba dan olimpiade dilaksanakan di bawah koordinasi Surya Institute, kali ini oleh berbagai unsur di bawah SI, a.l. Pusat Pembinaan Olimpiade Matematika dan Sains, serta Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Surya.

 
< Prev   Next >
 © 2009 Surya Institute