Surya Institute

A free template from Joomlashack

Informasi

Surya Institute on Facebook

MEDALS

Gold: 81

Silver: 60

Bronze: 88

Home
Pelatihan Matematika GASING dengan OCBC NISP
Written by Administrator   
Friday, 03 June 2011

 

Pelatihan Matematika GASING dengan OCBC NISP "I love Science" batch kedua telah diadakan di Bandung pada tanggal 26-28 Mei 2011. Setelah pelatihan batch pertama yang diadakan di Jakarta pada tanggal 21-23 Februari 2011. Pelatihan kali ini yang diikuti oleh 31 peserta itu berlokasi di OCBC NISP Training Center yang terletak di bilangan Setiabudi Regency, Bandung.

        
 


Peserta terdiri dari mahasiswa-mahasiswi beasiswa dari OCBC NISP yang berasal dari 4 universitas ternama di Indonesia yaitu UI, Unpad, ITB dan IPB. Mereka tergabung dalam Yayasan Karya Salemba 4 yang telah memberikan beasiswa bagi sekitar 1700 mahasiswa-mahasiswi cerdas tetapi kurang mampu, yang tersebar seluruh Indonesia. Mereka dilatih untuk menyebarkan metode Matematika GASING ini kepada anak-anak SD yang tinggal di sekitaran cabang OCBC NISP di Jakarta dan Bandung, yang nantinya diharapkan tersebar di seluruh Indonesia. Total anak SD yang telah dilatih matematika GASING pada pelatihan batch I adalah 266 anak, yang terdapat di lingkungan sekitar 14 cabang NISP.

Pelatihan dibuka oleh Prof. Yohanes Surya P.hd yang disambut antusias oleh para peserta. Setelah mendengarkan paparan dan motivasi dari Prof, peserta melakukan foto bersama dan begitu bersemangatnya untuk mengikuti pelatihan ini. Kemudian pelatihan dilanjutkan oleh Bu Meilani Hartono yang tidak kalah bersemangat dan ceria dalam mengajarkan matematika GASING ini sehingga para peserta benar-benar mendapatkan konsep GASING dari belajar matematika. Peserta begitu antusias dan terlihat sangat gembira begitu mengetahui betapa mudahnya belajar matematika melalui konsep GASING ini. Bahkan waktu break mereka sudah tidak sabar untuk mengikuti pelajaran selanjutnya, terlihat seperti mereka sudah benar-benar “addict” dengan matematika GASING.

Semangat para peserta masih dapat dirasakan sampai hari kedua dan ketiga. Mereka sangat cerdas, sehingga dengan mudahnya mengikuti pelajaran matematika. Selain itu mereka juga begitu interaktif sehingga kelas juga tidak terasa membosankan. Dengan selingan bernyanyi yang diajarkan oleh bu Mel, kelas terasa begitu ceria dan menyenangkan. Pada malam harinya mereka dengan tekun mengerjakan tugas-tugas yang  diberikan oleh bu Mel dan tidak ada satu pun peserta yang keluar dari lokasi training.

Lokasi pelatihan ini benar-benar tempat yang nyaman dan kondusif untuk belajar, jauh dari keramaian dengan iklim sejuk dan pemandangan yang bagus serta fasilitas yang berstandar hotel. Makanan dan snack yang tersedia juga enak dan tidak pernah berkekurangan. Pihak panitia dari NISP yaitu Bu Lany, Bu Rini dan Pak Alfa juga begitu ramah dan hangat menyambut para peserta dan tim dari Surya Institute.

 

Hasil testimoni dari para peserta semuanya berespons positif. Tidak ada kata-kata lain selain Gampang, Asyik, Menyenangkan, Dashyat, Luar biasa dan “I Love Matematika”.  Mereka tidak sabar menyebarkan metode matematika GASING ini kepada anak-anak. Dan mereka juga mengharapkan waktu pelatihan bisa diperpanjang. Tapi karena waktu yang terbatas pulalah maka pelatihan harus ditutup dengan lagu Smash gubahan mereka “Gasing is so well”. Benar-benar pelatihan yang berkesan dan tidak terlupakan. Semoga kerjasama antara Surya Institute dan OCBC NISP akan berkelanjutan nantinya untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik lagi untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.
Last Updated ( Monday, 06 June 2011 )
 
< Prev   Next >
 © 2009 Surya Institute