Surya Institute

A free template from Joomlashack

Informasi

Surya Institute on Facebook

MEDALS

Gold: 81

Silver: 60

Bronze: 88

Latest News

Home
[LNI Info] KEGIATAN BENCHMARKING TEST SAINS DAN MATEMATIKA
Written by christina   
Wednesday, 26 September 2012

Latar Belakang

Lembaga Nan-Unggul Indonesia (LNI) adalah lembaga nirlaba di bawah binaan Surya Institute yang didirikan dengan salah satu misinya memfasilitasi siswa/mahasiswa terbaik Indonesia untuk belajar di bidang sains dan teknologi dalam program sarjana, master dan doktor di berbagai universitas terbaik  dalam dan luar negeri lewat program beasiswa atau semi-beasiswa. LNI telah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak dalam program beasiswa ini, antara lain pemerintah pusat maupun daerah, lembaga donor dalam dan luar negeri, BUMN, BUMD, perusahaan, Negara sahabat melalui kedutaan atau pemerintahannya, universitas di dalam dan luar negeri (Jepang, Australia, Amerika, Turki, Inggris) serta lembaga pemberi beasiswa di luar negeri.

LNI juga menggagas program Indonesian Leadership Awards (ILA), sebuah program beasiswa bagi lulusan-lulusan SMA terbaik di tanah air untuk melanjutkan pendidikan jenjang Sarjana di universitas-universitas terbaik di dalam dan luar negeri. Sejak tahun 2011, ILA telah memberikan beasiswa kepada 20 mahasiswa untuk studi di luar negeri dan 14 mahasiswa untuk studi di dalam  negeri.

LNI sebagai lembaga yang memfasilitasi program beasiswa selalu berupaya maksimal dalam menjaring siswa/I terbaik se-Indonesia untuk menjadi  kandidat penerima beasiswa. Metode seleksi yang dilakukan selama ini sebagian besar masih bersifat sentralistik dan belum optimal  melibatkan sekolah secara aktif. Untuk itu LNI mengembangkan model Benchmarking Test dengan mengundang sekolah yang memiliki kualifikasi untuk mengikuti kompetisi.

 

Tujuan

Kegiatan Benchmarking Test ini memiliki beberapa tujuan yang akan memberi manfaat bagi sekolah :

1. Melihat peta kompetensi siswanya per bidang studi melalui hasil test.

2. Melihat posisi atau tingkat kompetensi sekolah dalam bidang sains dan matematika  dibandingkan dengan sekolah lain.

3. Menggunakan hasil Benchmarking Test untuk menggali informasi tentang hal-hal yang dirasa masih kurang dan perlu perbaikan melalui sistem pembelajaran, peningkatan mutu sumber daya manusia dan perbaikan kurikulum di sekolah.

 

Output Kegiatan

Melalui kegiatan Benchmarking Test akan dihasilkan output sebagai berikut:

1. Peringkat nilai siswa tiap sekolah dalam bidang sains dan matematika.

2. Peringkat sekolah dalam bidang sains dan matematika diantara semua sekolah yang mengikuti Benchmarking Test.

3. Sebanyak 10-15 orang siswa terbaik tiap sekolah dicalonkan mengikuti berbagai program beasiswa yang ada di LNI (dari berbagai universitas di luar negeri dan kompetisi tingkat regional ILA 2013).

 

Deskripsi Kegiatan

Kegiatan Benchmarking Test sains dan matematika di sekolah-sekolah terbaik di Indonesia merupakan kegiatan test kompetensi  dalam bidang sains dan matematika untuk siswa kelas XII SMA. 

Ada empat pelajaran  yang akan diujikan  yaitu : Fisika, Kimia, Biologi dan Matematika. Masing-masing subjek  akan terdiri dari 60 soal dengan tingkat kesulitan yang berbeda untuk setiap soalnya.

Test akan berlangsung di sekolah selama 2 hari (alokasi waktu 1,5 jam per hari), dimana waktu pelaksanaan test ditentukan oleh pihak Sekolah. Adapun rincian test sebagai berikut:

Hari Pertama   :           Matematika dan Biologi

Hari Kedua     :           Fisika dan Kimia

LNI-Surya Institute bertugas membuat soal (memberikan master soal kepada sekolah), melakukan koreksi hasil test dan menyampaikan hasil kepada sekolah. Sedangkan sekolah bertugas mengumpulkan jumlah peserta (jumlah peserta tidak dibatasi dan sepenuhnya menjadi kewenangan pihak sekolah) dan menggandakan soal sesuai jumlah peserta.

Untuk menjaga validitas hasil test maka sekolah penyelenggara akan diminta untuk menandatangani Pakta Integritas yang berisi kesepakatan untuk melakukan test secara jujur, terbuka dan bertanggung jawab. Pakta Integritas ditandatangani oleh pimpinan sekolah dan koordinator kegiatan Benchmarking Test di sekolah di atas meterai kemudian dikirimkan ke LNI-Surya Institute via email atau via pos. Pihak LNI akan melakukan monitoring saat pelaksanaan Benchmarking Test di sekolah-sekolah terpilih.

Hasil test setiap sekolah akan diperiksa  oleh LNI-Surya Institute dan kemudian hasilnya dilaporkan kepada sekolah penyelenggara Benchamarking Test. Siswa-siswa yang memenuhi kualifikasi akan dicalonkan untuk program beasiswa yang ada di LNI (dari berbagai universitas di luar negeri dan diundang dalam regional test Indonesian Leadership Awards (ILA) 2013 dengan syarat dan ketentuan yang diatur kemudian oleh penyelenggara.

 

Waktu Pelaksanaan

No

Kegiatan

Waktu

1

Sosialisasi kegiatan ke sekolah

1 September – 31 Oktober 2012

2

Pendaftaran sekolah yang akan berpartisipasi

11 September – 31 Oktober 2012

3

Pelaksanaan Benchmarking Test

1 Oktober– 31 Desember 2012

4

Koreksi dan Penyampaian Hasil ke sekolah

15 Januari – 25 Februari 2013

                                                           


Biaya Kegiatan

Biaya penyelenggaraan Benchmarking Test sepenuhnya menjadi tanggung jawab sekolah. Sekolah dapat memungut biaya atau meminta bantuan dari sponsor yang tidak mengikat sehingga test dapat berlangsung dengan baik.

 

Setiap sekolah yang akan ikut dalam kegiatan Benchmarking Test akan dikenakan biaya pembuatan soal, koreksi dan pengiriman hasil test sebesar Rp.3.000.000. (tiga juta rupiah) (untuk seluruh peserta). Master Soal dan Lembar Jawaban akan dikirimkan setelah sekolah melunasi biaya yang dimaksud ke pihak LNI paling lambat 2 minggu sebelum pelaksanaan test. Pembayaran biaya kegiatan harap di transfer ke :

Yayasan Nobel Indonesia

Bank Mandiri KCP Jakarta Senayan City

No. Rekening : 102-00-0539082-5

Bukti transfer dapat dikirim ke pihak Panitia (via email) untuk dapat diproses ke tahap selanjutnya.

 

Penyelenggara Kegiatan

Kegiatan ini akan dikoordinir oleh LNI dengan melibatkan tim dari Divisi Sekolah Unggulan dan  Surya Institute.

 

Kepanitiaan

Penanggungjawab       : Lukman Niode (Executive Director)

Ketua Pelaksana         : Junaidi Gafar  (Program Director)

Pelaksana                   : Titik Ismuningrum (Program Assistant)

                                    Zurfikha Rakhmania  (Secretary & Finance)

Sekretariat                  : Lembaga Nan-Unggul Indonesia

                                    Ruko Golden Boulevard Blok U No. 3 - 6
                                    Jl. Pahlawan Seribu, BSD City Tangerang 15322
                                    Telp       : +62 21 5316 3394 – 98  Fax  : +62 21 5316 2197

                                    Email     : This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it

                                                 : This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it

                                    Website : www.beasiswaunggul.org,

                                                 : www.suryainstitute.org

 

 

Penutup

Kegiatan Benchmarking Test ini merupakan kegiatan yang membutuhkan kerjasama dan koordinasi yang baik antara penyelenggara dan pihak sekolah. Diharapkan semua pihak mentaati aturan main yang telah di tetapkan agar output kegiatan dapat tercapai dan sekolah mendapat manfaat maksimal dari kesertaannya pada kegiatan ini.

 

Formulir Pendaftaran :

Image
Last Updated ( Wednesday, 26 September 2012 )
 
< Prev   Next >
 © 2009 Surya Institute